Lionel Messi Gagal Membawa Argentina Menuju Final Copa America 2019

Lionel Messi

Lionel Messi ketika ini pasti mendapatkan beraneka variasi cemoohan, baik itu dari fans Argentina ataupun dari rival. La Pulga seolah menjadi satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas kegagalan timnas Argentina di Copa America 2019.

Tetapi, coba sejenak lihat aksi Lionel Messi secara utuh di Copa America 2019. Apa yang sudah dikerjakan oleh pemain 32 tahun tersebut? Apakah ada pemain lain yang kapabel mengerjakan lebih baik darinya untuk Argentina.

Argentina dipastikan kembali gagal menjadi jawara Copa America 2019. Regu arahan Lionel Scaloni tersebut kalah dengan nilai 2-0 atas Brasil pada pertandingan semifinal, Rabu (3/7/2019) pagi WIB di Bello Horizonte. Dua gol Brasil dicetak oleh Gabriel Jesus dan Roberto Firmino.

Argentina tidak bermain buruk di pertandingan semifinal. La Celeste kapabel melepas 14 tendangan, sementara Brasil cuma melepas empat kali. Pengendalian bola juga setara 50:50. Tetapi, Brasil kapabel tampil lebih efektif.

Ketika pertandingan masuk menit ke-30, Messi memberi servis paripurna kepada Sergio Aguero. Tetapi, sundulan Aguero cuma mengenai mistar gawang Brasil yang dijaga oleh Alisson.

Aksi terbaik Lionel Messi pada pertandingan melawan Brasil terjadi pada menit ke-57. Pemain klub Barcelona itu melepas tendangan keras dari sisi kiri, tetapi cuma menerpa tiang gawang. Bola muntah yang disambar Messi cuma bergulir perlahan di depan gawang tanpa ada yang menyambut.

Pada menit ke-66, Lionel Messi melepas sebuah tendangan bebas. Bola sudah terarah dengan baik ke pojok kiri gawang. Tetapi, Alisson semacam itu sigap untuk mengantisipasinya.

Tidak ada yang salah dari aksi Lionel Messi di pertandingan melawan Brasil. Ia sudah mencoba segalanya, tetapi hasil akhir tidak berpihak padanya.

Statistik Membela Lionel Messi

Dari lima pertandingan sudah dimainkan oleh Argentina, Lionel Messi senantiasa bermain penuh. Ia tidak pernah membolos sejak pertandingan penyisihan grup. Tidak pernah sekalipun digantikan oleh pemain lain.

Messi memang tidak kapabel mencetak satu gol pun di Copa America 2019, dari situasi open play. Messi mencetak satu gol dari spot putih ketika Argentina bermain imbang 1-1 lawan Paraguay.

Lionel Messi juga tidak mencetak satu pun assist dari situasi open play di Copa America 2019. Tetapi, apakah Messi bisa disebut bermain buruk? Tunggu dulu. Lihat statistik di bawah ini.

Pria kelahiran Rosario tersebut menjadi pemain dengan kreasi kesempatan terbanyak di Copa America 2019 [9 kali]. Lionel Messi juga menjadi pemain yang paling kerap dilanggar [15 kali] dan paling kerap melepas tendangan [16 kali].

Dengan kontribusi yang semacam itu masif tersebut, masih berharap menyalahkan Lionel Messi atas kegagalan Argentina di Copa America 2019? Agaknya perlu dipertimbangkan ulang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *